Lakukan 10 Hal Ini Untuk Menciptakan First Impression yang Baik | IndiHome by Telkomsel
18 JAN 2022        BLOG

Lakukan 10 Hal Ini Untuk Menciptakan First Impression yang Baik

Kesan pertama merupakan salah satu momen yang paling menentukan tentang bagaimana kelanjutan hubungan seseorang dengan orang lain yang akan ditemui. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk belajar mengenai bagaimana cara menciptakan kesan pertama atau first impression yang baik ketika bertemu orang baru.

Setiap orang memang sudah seharusnya memahami betapa besar pengaruh dari kesan pertama. Karenanya, perlu menciptakan first impression yang berkesan. Hal-hal apapun yang Anda lakukan saat bertemu seseorang untuk pertama kali bisa mencerminkan kepribadian dari orang tersebut.

10 Cara Ampuh Memberikan First Impression yang Baik

Anda berencana untuk bertemu dengan seseorang, namun tidak tahu bagaimana cara menciptakan kesan pertama yang positif? Berikut ini adalah beberapa kiat ampuh membangun first impression yang baik:

  1. Berikan Kesan Melalui Cara Berpakaian
  2. Pernah mendengar kutipan, “You are what You wear”? Dengan kata lain, apa yang Anda kenakan bisa mencerminkan kepribadian Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda merasa nyaman dengan apa yang dikenakan sehingga merasa lebih percaya diri saat memakainya.

    Selain itu, jika ingin bertemu dengan seseorang secara khusus, usahakan mengenakan pakaian yang sopan dan dapat memberikan kesan. Sebab pakaian yang Anda pilih juga turut menentukan bagaimana kelanjutan percakapan dengan orang yang akan ditemui nantinya.

  3. Tersenyum
  4. Seorang psikolog bernama James McConnel menjelaskan bahwa senyum bukan hanya merupakan cara menunjukkan rasa bagian, namun menciptakan kesan pertama agar menjadi lebih efektif. Apalagi, ekspresi wajah selalu jadi aspek pertama yang diperhatikan orang lain.

    Sebagian orang umumnya menjadikan mimik wajah untuk menilai orang lain. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menghadirkan kesan ramah dan senang ketika bertemu orang baru.

    Menurut motivator pengembangan diri dari Amerika Serikat, yaitu Dale Carnegie, Anda harus terlihat senang ketika bertemu orang lain, dengan harapan mereka juga senang bertemu kita.

    Hal ini sejalan dengan kutipan motivasi yang mengatakan, “treat others the way You want to be treated”, atau perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

  5. Pikirkan Niat Bertemu
  6. Anda harus fokus pada rencana awal, yaitu niat Anda bertemu orang tersebut. Hal ini bisa membantu Anda untuk konsentrasi dan memposisikan diri dengan kondisi selama berinteraksi. Dengan kata lain, agar tidak bingung dan berakhir dengan mempermalukan diri sendiri.

  7. Tunjukkan Minat Tulus
  8. Sebuah riset menyebutkan, jika 60% - 90% komunikasi terjadi secara nonverbal. Oleh karena itu, saat bertemu seseorang untuk pertama kali, penting bagi Anda untuk dapat mengendalikan bahasa tubuh. Jaga agar postur tubuh tetap dalam keadaan tegak dan rileks.

    Untuk topik pembicaraan serius, Anda bisa mencondongkan tubuh guna menunjukkan minat terhadap pembicaraan. Di samping itu, jangan pernah merasa ragu memberikan isyarat tangan saat sedang berbicara. Karena, hal ini terbukti bisa meningkatkan proses berpikir.
     

  9. Mengingat Nama
  10. Dale Carnegie menganjurkan supaya Anda menyadari betapa penting mengingat nama orang yang hendak atau baru ditemui. Hal ini mungkin akan sulit pada awalnya, namun dengan mengingat nama orang tersebut akan sangat membantu Anda selama percakapan.

  11. Menunjukkan Minat Tulus
  12. Salah satu hal yang terbukti efektif dalam memberikan kesan pertama yang baik adalah melatih menunjukkan minat tulus, dengan cara bersemangat serta memberikan ekspresi ketertarikan mendalam terhadap seseorang yang baru ditemui atau topik yang sedang didiskusikan.

    Usahakan untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang lain dengan penuh perhatian. Jangan lupa, selipkan pertanyaan dengan unsur mendorong orang tersebut menceritakan lebih banyak tentang diri mereka. Hal ini sangat ampuh membangun percakapan berkesan.

  13. Berusaha Menjadi Bijaksana
  14. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kebijaksanaan merupakan kunci kesuksesan dalam melakukan berbagai hal. Menunjukkan sikap bijaksana ketika bertemu orang baru, seperti memperhatikan isi pembicaraan dengan seksama, dan memberikan komentar positif.

  15. Tidak Menunjukkan Suasana Hati Buruk
  16. Perihal mengontrol suasana hati atau mood memang tidak mudah. Namun, jika Anda sudah memiliki janji bertemu orang baru, usahakan selalu menunjukkan suasana hati yang baik.

    Jika mood Anda sedang berantakan dan sulit mengendalikannya, lebih baik untuk membatalkan rencana pertemuan tersebut. Keputusan ini jauh lebih baik dibandingkan memaksakan diri. Apalagi, sikap negatif terbukti cepat menular pada orang lain.

  17. Hindari Melakukan Kontak Mata Terlalu Lama
  18. Dilansir dari sebuah riset, Lowndes mengatakan, bahwa saat seorang pria menatap mata orang lain terlalu lama, hal tersebut bisa diartikan sebagai agresi. Oleh sebab itu, sebaiknya terapkan aturan 60/40 atau lakukan kontak mata sekitar 60% dari total waktu berbicara.

  19. Hindari Bergerak Berlebihan
  20. Bertemu seseorang untuk pertama kalinya memang bisa membuat cemas. Apalagi, jika Anda adalah seorang introvert. Namun, usahakan untuk bisa mengendalikan hal tersebut sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan tidak bergerak berlebihan jika tidak penting.

    Di samping itu, gerakan juga bisa menjadi suatu indikasi kalau seseorang sedang gugup atau menyembunyikan sesuatu. Sebagian orang mengandalkan prasangka dalam menilai gerakan orang lain. Karenanya, jangan melakukan gerakan yang tidak enak dilihat.

 

Menyimpan Data Penting Hasil Browsing di Internet Lebih Praktis dengan Add-On Cloud Storage for IndiHome

Sudah berhasil menemukan berbagai tips ampuh dalam menciptakan first impression yang baik, tapi penyimpanan pada perangkat penuh sehingga tidak bisa menyimpan data penting? Jika Anda mengalami hal ini, maka tidak perlu risau, karena ada add-on Cloud Storage for IndiHome.

Dengan add-on Cloud Storage for IndiHome, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati kemudahan menyimpan berbagai data digital, termasuk file musik, foto, hingga dokumen penting lain. Menariknya, Anda juga dapat memilih kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan hingga 128 GB mulai dari Rp16.000 saja per bulannya.

Jenis file apa saja yang dapat diunggah ke Cloud Storage for IndiHome?

  • File arsip : .ZIP, .RAR, tar, gzip
  • Format audio : MP3, MPEG, WAV, .ogg
  • File gambar : .JPEG, .PNG, .GIF, .BMP
  • Markup / Kode : .CSS, .HTML, .PHP, .C, .CPP, .H, .HPP, .JS
  • File teks : .TXT
  • File video : WebM, .MPEG4, .3GPP, .MOV, .AVI, .MPEGPS, .WMV, .FLV, .ogg
  • File Adobe Autodesk AutoCad : .DXF
  • File Adobe Ilustrator : .AI
  • File Adobe Photoshop : .PSD
  • Format Dokumen Portabel : .PDF
  • PostScript : .EPS, .PS
  • Scalable Vector Graphics : .SVG
  • Tag Format File Gambar : .TIFF - terbaik dengan gambar RGB .TIFF
  • TrueType : .TTF
  • File Microsoft Excel : .XLS dan .XLSX
  • File Microsoft PowerPoint : .PPT dan .PPTX
  • File Microsoft Word : .DOC dan .DOCX
  • Spesifikasi Kertas XML : .XPS

Hadirkan Momen Seru Bersama Keluarga dengan Internet dan Hiburan Favorit di Rumah. Langganan IndiHome sekarang!

Solusi lengkap internet cepat dan hiburan yang IndiHome hadirkan kepada pelanggan, dengan menyediakan berbagai Paket untuk berbagai aktivitas di rumah. Untuk mengetahui detail Paket dari IndiHome, pelanggan bisa mengunjungi website https://indihome.co.id/paket/daftar. Harga paket yang ditawarkan belum termasuk PPN.